Rabu, 14 September 2011

Tugas-1 PRPL (Resume)

Metode Dokumentasi - Yang dimaksud dengan metode dokumentasi adalah sekumpulan berkas yakni mencari data mengenai hal-hal berupa catatan, transkrip, buku, surat kabar, majalah, prasasti, notulen,  agenda dan sebagainya.

Dari pengertian di atas, dapat dipahami bahwa metode dokumentasi dapat diartikan sebagai suatu cara pengumpulan data yang diperoleh dari dokumen-dokumen yang ada atau catatan-catatan yang tersimpan, baik itu berupa catatan transkrip, buku, surat kabar, dan lain sebagainya.

Dokumentasi adalah setiap bahan/material yang dapat dikomunikasikan yang digunakan untuk menggambarkan, menjelaskan atau menginstruksikan mengenai beberapa atribut dari sebuah obyek, sistem atau prosedur. Seperti penjelasan mengenai bagian-bagian, perakitan, instalasi/pemasangan, perawatan danpenggunaan. Informasi adalah keterangan, penerangan. Data yang telah diproses kedalam suatu bentuk yang mempunyai arti bagi si penerima dan mempunyai nilainyata, sehingga dapat dipakai sebagai dasar untuk mengambil keputusan, dan terasabagi keputusan saat itu atau keputusan mendatang.

Ada perbedaan yang utama antara dokumentasi dan informasi. Dokumentasi adalah suatu bentuk bagian informasi, dan informasi jauh lebih inklusif disbanding dokumentasi. Fokus dari dokumentasi seperti bagaimana menginstal, menggunakan atau memperbaiki sebuah produk. Sedangkan, informasi tidak hanya mengenai sebuah produk itu saja, tetapi mengenai hal-hal lain yang terkait dengan produk tersebut. Informasi mengenai sebuah produk, informasi tidak hanya sekedar mengenai bagaimana menginstal, menggunakan dan memperbaiki produk tersebut. Lebih daripada itu, informasi juga bisa mencakup setiap aspek dari produk, termasuk sejarah, bisnis, ekonomi, hal-hal ilmiah, politis, filosofi, sosiologi dan aspek-aspek lingkungan. Dokumentasi dan informasi dapat memiliki peran yang penting, untuk kebanyakan produk semua informasi mengenai produk itu saja, yang dibutuhkan bagi banyak orang adalah dokumentasi yang baik. Hal tersebut tidaklah cukup sangat diperlukan untuk memilki cakupan informasi yang lebih luas. Hal yang lain adalah terutama sekali penting untuk orang-orang kreatif, seperti developer yang akan meningkatkan atau memperluas sebuah produk atau memikirkan mengenai membuat produk baru.
Tulisan ilmiah ini bertujuan untuk memaparkan perencanaan proses transformasi dokumentasi menjadi informasi. Tulisan ini juga sebagai gambaran awal terhadap rencana kedepannya dalam mendayagunakan dokumentasi-dokumentasi yang dimiliki.

Adapun data yang dapat dikumpulkan melalui 
metode dokumentasi ini adalah :
  1. Data tentang sistem ganti rugi pengiriman barang yang hilang atau rusak.
  2. Data tentang konsep hukum Islam yang berkaitan dengan perjanjian dalam Islam.
  3. Keadaan dan jumlah karyawan, dan lain-lain yang berkaitan dengan penelitian ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar